Kamis, 02 Oktober 2014

BAB II

BAB II


Soal-soal
1.             Jelaskan tahap-tahap dalam siklus hidup proyek?
Jawabanya : . Pola itu yang dinamakan siklus hidup proyek. Tahap-tahap itu dianalogikan dengan apa yang terjadi dalam siklus perkembangan produk. Secara garis besar tahap-tahap proyek bisa dibagi menjadi:
1.    Tahap Konsepsi
2.    Tahap Perencanaan
3.    Tahap Eksekusi
4.    Tahap Operasi
Adapun penjelasanya atau gambaranya …..tahap-tahap hidup proyek.
OCR0069
 












2.             Jelaskan apa saja yang perlu ada dalam proposal proyek?
Jawabanya :
Secara ringkas proposal proyek harus mengandung beberapa pokok isi sebagai berikut:
a)      Surat pengantar
Ini termasuk bagian penting dari proposal, karena harus bisa menyakinkan user bahwa proposalnya perlu dipertimbangan.

b)      Ringkasan Eksekutif (Executive Summary)
Berisi ringkasan yang jelas mengenai, proyek yang menekankan aspek-aspek penting yang memungkinkan pembaca menentukan relevansinya terhadap kebutuhan user dan kontribusinya terhadap penyelesaian masalah.
c)      Bagian Teknis
Menunjukkan lingkup proyek, pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam proyek dan pekerjaan-pekerjaan yang ada.
d)      Manfaat/Keuntungan yang Akan Diperoleh
Menggambarkan keuntungan/manfaat secara realistic dengan cukup detail untuk  menunjukkan bahwa keperluan user akan dipenuhi oleh peserta lelang ini.
                  e). Jadwal
Berisi jadwal kapanhasil proyek bisa diserahkan.
     f). Bagian Keuangan
Penjelasan mengenai biaya langsung,
     g). Bagian Legal
Masalah-masalah yang akan muncul atau perubahan yang mungkin akan timbul; misalnya prosedur yang sesuai untuk menangani perubahan lingkup proyek, dan penghentian proyek.
       h). Kualifikasi Manajemen
         Bagian ini bersisi latar belakang organisasi kontraktor, pengalaman yang dipunyai, prestasi yang pernah dicapai, situasi keuangan, susunan tim dan orang-orang kunci dalam organisasi.

3.             Dalam tahap proyek mans biasanya dibutuhkan paling banyak effort/biaya?
Jawabanya : Dalam tahap awal siklus hidup proyek, biaya yang diserap berada pada tingkat yang masih rendah. Besarnya biaya ini akan semakin membesar seiring dengan berlangsungnya proyek. Biaya akan mencapai puncak ketika proyek mulai dieksekusi. Kemudian akan mulai menurun ketika proyek memasuki tahap akhir di mana hasil akan diserahkan kepada user.

4.             Apa saja yang perlu ada dalam kualifikasi manajemen dalam proposal proyek?
Jawabanya :
Kualifikasi Manajemen
Bagian ini bersisi latar belakang organisasi kontraktor, pengalaman yang dipunyai, prestasi yang pernah dicapai, situasi keuangan, susunan tim dan orang-orang kunci dalam organisasi. Ini perlu dibuat menarik dan sesuai dengan kedaan sebenarnya karena akan sangat mempengaruhi keputusan pemilik proyek dalam melihat siapa calon kontraktor yang akan dipilih.

5.             Jika ada beberapa peserta lelang untuk suatu pekerjaan proyek, bagaimana seleksi dilakukan untuk menentukan penang?
Jawabanya :
          Adapun seleksi yang di lakukan yaitu , kriteria yang digunakan untuk evaluasi berikutnya bisa berhubungan dengan personel, metodologi/teknis, performansi/kualitas, harga dan jadwal. Kriteria yang digunakan tentu saja bergantung pada jenis proyeknya. Dalam proyek konsultasi, misalnya, mungkin metodologi dan personel akan mempunyai bobot lebih dibanding kriteria yang lain. Dalam proyek pengadaan, metodologi dan personel mungkin tidak penting, tetapi harga dan jadwal yang akan menjadi penentu.


6.             Dalam tahap proyek mans tingkat ketidakpastian, paling tingggi?
Jawabanya :

Tingkat ketidakpastian dan risiko sangat tinggi pada tahap awal. Dari segi kebutuhan biaya masih rendah karena porsi pekerjaan proyek yang dilakukan belum banyak. Pada tahap awal juga kemampuan para stakeholder proyek masih besar untuk mempengaruhi karakteristik produk akhir proyek sekaligus biaya proyek. Dan seiring dengan berlangsungnya proyek, kemampuan ini akan menurun karena ongkos perubahan dan koreksi terhadap eror yang terjadi dalam pekerjaan proyek akan semakin membesar jika proyek semakin mendekati akhir siklusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar