Kamis, 02 Oktober 2014

Data kuliah semester 7 D Manajemen proyek bab 1 sual dan jawabanya

bab 1

Soal-soal
1.         Dalam manajemen proyek, ada hubungan sebab akibat dari suatu tindakan manajemen. Dari daftar efek dan sebab berikut carilah pasangannya.
Jawabanya :

efek
sebab
- Keterlambatan penyelesaian aktivitas dalam proyek

Pembuatan jadwal yang tidak realistis

- Pembengkakan biaya proyek

Desain yang kurang bagus

- Konflik antar personal proyek

Tidak ada orang khusus untuk menangani proyek



2.         Sebutkan ciri-ciri proyek.
jawabanya:

a.       Sementara (temporary) berarti setiap proyek selalu memiliki jadwal yang jelas kapan dimulai dan kapan diselesaikan.
b.      Unik artinya bahwa setiap proyek menghasilkan suatu produk, solusi, service atau output tertentu yang berbeda-beda satu dan lainnya.
c.       Progressiveelaboration adalah karakteristik proyek yang berhubungan dengan dua konsep sebelurnnya yaitu sementara dan unik.
Karakteristik-karakteristik tersebut di atas yang membedakan aktifitas suatu proyek terhadap aktifitas rutin operasional.

3.         Terangkan bagaimana cara munculnya proyek. Beri contoh.
Jawabanya:
Adapun berbagai macam munculnya Proyek  antara lain
a.      Penelitian dan Pengembangan
Proyek ini bisa berupa penemuan produk baru, temuan alat baru, atau penelitian mengenai ditemukannya bibit unggul untuk suatu tanaman. Proyek ini bisa muncul di lembaga komersial maupun pemerintah. Setelah suatu produk baru ditemukan atau dibuat biasanya akan disusul pembuatan secara massal untuk dikomersialisasikan.
b.              Proyek yang berhubungan dengan manajemen jasa
Proyek ini wring muncul dalam perusahaan maupun instansi pemerintah.
c.       Proyek ini bisa berupa:
Perancangan struktur organisasi
Pembuatan sistem informasi manajemen
Peningkatan produktivitas perusahaan
Pemberian training
           Proyek bisa dilihat dari cara munculnya ide proyek. Cara munculnya ide ini akan membawa pengaruh bagaimana suatu pekerjaan proyek bisa didapatkan oleh suatu perusahaan.
             Contohnya : pekerjaan proyek yang lain adalah pembuatan suatu corporate plan. Suatu perusahaan perlu membuat rencana strategis untuk jangka lima tahun ke depan. Rencana ini sering disebut dengan corporate plan. Untuk itu, perusahaan tersebut meminta sebuah konsultan untuk membuatnya

4.         Jelaskan segitiga project constraint.
Jawabanya :

yaitu lingkup pekerjaan (scope), waktu dan biaya. Di mana keseimbangan ketiga konstrain tersebut akan menentukan kualitas suatu proyek. Perubahan salah satu atau lebih faktor tersebut akan mempengaruhi setidaknya satu faktor lainnya. (PMBOK Guide, 2004)





5.         Apa perbedaan antara ukuran dan kompleksitas proyek.
Jawabanya :
Perbedaanya antara lain

Ukuran
Kompleksitas proyek
Ø  Jumlah kegiatan

Ø  Jumlah kegiatan dan hubungan antar kegiatan

Ø  Besarnya biaya

Ø  Jenis dan jumlah hubungan antar kelompok/organisasi dalam proyek

Ø  Jumlah tenaga kerja

Ø  Jenis dan jumlah hubungan antar kelompok di dalam organisasi dan pihak luar

Ø  Waktu yang diperlukan

Ø  Tingkat kesulitan

5 komentar: